Sabtu, 08 Agustus 2015

#sepatuba(r)u

Dalam memulai sebuah wacana, seseorang selalu perlu untuk memungut permen karet sikap terbaik agar pembaca mulai panik bahwa ada seorang penulis nggak penting yang menuliskan hal-hal berdasar perspektfnya yang kadang bego. Seperti layaknya Yin dan Yang, semua hal tercipta antara yang baik dan yang buruk, antara yang bego dan yang cerdas, antara orang kreatif dan orang yang diem aja. Saya mau jadi orang yang diem aja sambil main hape didalem kamar ber-ac. Sayangnya didikan orang tua saya menginfluence saya dengan tayangan wwf smekdon yang dulu belum sok sok an di banned oleh pemerintah yang kemudian menjualnya pake tv kabel berlangganan untuk orang berkecukupan sana-sini entah comot mana comot mini. 

Berdasarkan didikan orang tua saya yang keras dan lugas, saya memberanikan diri untuk tampil di muka publik sebagai pengangguran manusia berhati emas yang berlapang dada menerima sinergi dari alam yang terangkum dalam yin dan yang dimana titik hitam dan putih tidak pernah bertemu meski dalam lingkaran yang sama. saya sih sukanya nulis dan karena nulis itu adalah media komunikasi maka saya memanfaatkan hal ini untuk mendemonstrasi hirarki yang membuncah dalam pikiran saya. KArena saya g4LaU tiap hari jadi saya butuh media penyembuh dan media itu semoga adalah dengan blog ini.

Blog ini saya beli dari official account yang jual playlist drama korea. hehe
ngga kok.
nggak pake beli, blog ini sebelumnya adalah blog milik anak kreatif usia sma yang memenuhi isinya dengan gambar-gambarnya yang bermakna tapi saking bermaknanya sampai nggak bisa dipahami oleh orang seusianya. gadis manis itu adalah saya sendiri.
kecil, tapi sering bikin keringetan: pembacanya.

di blog ini dulunya saya sering marah-marah tentang sistem yang ada di sekolah, yang terlalu mendikotomikan murit-muritnya dan memilah mereka kedalam dua golongan saja. padahal kan mereka si guru-guru itu dulunya kuliah s1, bahkan sekarang guru sd-smp-sma minimal harus s2.  Saat saya sudah mengenyam bangku perkuliahan terlebih memasuki dunia absurd seni, saya jadi merasa dibodohi sewaktu duduk di bangku berseragam. Saya jadi tahu dimana kuliah s1 itu pasti mengetahui yang namanya informasi bahwa manusia itu memiliki 8 tipe kecerdasan. 8 kecerdasan ini dipopulerkan oleh Howard Gardner, saya mempelajari informasi ini waktu memasuki mata kuliah psikologi seni. Kalo kalian gak ngerti atau gak dapet makul ini nih, coba cari di google. Disitu banyak informasi yang upload tentang hal ini.

Ngopi-paste dari blog sebelah nih
(sekalian ngasih tau kalo beneran ada yang ngepost tentang hal ini, dan saya harap semua guru tahu kalo siswanya nggak bersalah saat mereka tidak menguasai materi dari suatu mata pelajaran, dan didakwa dengan tuduhan sepihak"
Menurut Howard Gardener dalam setiap diri manusia ada 8 macam kecerdasan, yaitu:
1. KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK
Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal).
3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL
Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat).
4. KECERDASAN MUSIK
Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.
5. KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain.
6. KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri.
7. KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan.
8. KECERDASAN NATURALIS
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan.
(http://mipersis07.blogspot.co.id/2012/12/8-kecerdasan-menurut-howard-garner.html)

Saya nggak mau sok tau dengan menuduh guru yang tidak masuk akal menuduh muridnya bodoh. Kami tidak bodoh, kami hanya salah tempat, dan seringkali yang memperburuk keadaan tersebut adalah guru yang dianggap murid sebagai orang tua kedua. Beragam penelitian kejiwaan atau psikologi pasti telah melakukan berbagai penelitian tentang kebenaran 8 jenis kecerdasan Gardner ini. Sampai saat ini belum ada yang menyangkal 8 jenis kepandaian manusia ini. 

Tapi, ya gitu deh.
selama yang dicari bukan siklus saling-memandaikan
dan banyak oknum yang peduli dengan kantongnya sendiri
maka
ya sudahlah.

yang bisa saya pancarkan adalah semangat kepada anak-anak yang dituduh bodoh oleh para orangtua.
tak ada jalan lain selain 'membuktikan' kebenaran bahwa kamu adalah orang yang mempunyai salah satu kecerdasan itu. dalam menempuh pembuktian, seorang pendaki harus melampaui setapak demi setapak tanjakan yang kian curam setiap harinya. Saya percaya tuduhan itu akan semakin keras dengan penyangkalan yang dilakukan namun hal tersebut akan sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan di kemudian hari. kuncinya adalah: "cemungut ea kaka!" 
(motivasi ini hanya berlaku untuk hal-hal positif terkait pengembangan jati diri yang bermanfaat bagi sesama)

saya bodoh.
dan saya membuktikan kebodohan saya akan menjadi manfaat bagi orang lain.
saya pintar.
namun saya hanya mengejarnya demi pujian.
maka apa yang saya lakukan hanyalah tembakan kemalasan untuk bersaing
di kemudian hari.
karena saya terbiasa dengan pujian.

"gue gituloh broo!"


maaf ya pemirsa, ngomongin modifan blog baru jadi kemana-mana sampe bawa-bawa nama Gardner juga.
tapi seru kan?
sekian dari saya.
sampurasun.
gomawo.
maturnuwun.
xamxia.
x.o.x.o

btw, feel free to comment peps!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar